Thursday, January 29, 2015

Mudahnya menjadi Teknisi Komputer


Mudahnya menjadi Tekhnisi Komputer



PENGANTAR
Saya mengucapkan terima kasih kepada rekan., sahabat semua dan tentunya juga keluarga yang telah memberikan dukungan hingga akhirnya saya berhasil membuat sebuah panduan untuk menjadi tekhnisi komputer. Tulisan ini saya buat atas pengalaman saya selama menajadi tekhnisi komputer diKota Dumai, dan juga bantuan mbah google browsing sana sini, jadilah sebuah tutorial tekhnisi komputer untuk kita semua. semoga tutorial ini dapat berguna dan bermanfaat. Jika ada bahasa yang salah dan kurang pada tempatnya mohon diberikan saran dan kritik pada kolom komentar hingga akhirnya saya dapat memperbaiki kembali tutotial tersebut. terimakasih.


tertanda ..............Iwang Aridwan


MUDAHNYA MENJADI TEKHNISI KOMPUTER

Menagapa Mudah?

1. Tidak perlu membuat lamaran kerja
2. Tidak KKN
3. Modal kemauan dan obeng plus minus
4. Softwere Master
4. Tutorial nya mudah difahami silakan email:bundadzakiyy12@gmail.com

Mudahkan...

 PENGENALAN TEKHNISI KOMPUTER


Teknisi Komputer merupakan sebuah profesi yang berkecimpung di dunia komputer khususnya dalam hal perakitan maupun troubleshooting komputer/laptop. Seorang teknisi komputer tidak harus lulusan sarjana atau diploma. Seorang siswa lulusan SMA/SMK sederajat bisa juga berprofesi menjadi teknisi komputer. Asalkan mengetahui dasar-dasar komputer dan troubleshootingnya. Dasar-dasarnya dapat diperoleh dari lembaga kursus komputer, internet, teman, guru, dll

MENGAPA MEMILIH JURUSAN
KEAHLIAN TEKHNISI KOMPUTER ?

1.    MEMAHAMI PERANGKAT KOMPUTER 

 
Tidak semua orang memahami isi komputer yang mereka pakai. Kebanyakan mereka hanya tahu mengoperasikannya saja. Tapi  tidak tahu apa jenis komputer yang dia pakai, berapa kapasitasnya, apa-apa saja perangkat yang ada didalamnya. Dengan kebutaan tersebut apabila terjadi kerusakan komputer muncullah masalah yang sangat serius. Kita tidak tahu apa yang mau diganti dan apa yang mau dibeli. Jadi alangkah baiknya jika anda memahami isi dari komputer yang anda pakai, sehingga kita tidak mudah dikibuli orang lain.

2.    PERBAIKI SENDIRI KOMPUTER ANDA

- Mengantar komputer ketempat servicenya tentu suatu pekerjaan yang sangat berat dan sangat menyita waktu. Pertama kita harus melepaskan semua yang perangkat dari kabel-kabel yang terpasang, kemudian membawanya juga kadang membutuhkan tenaga bantu. Berapa hari kemudian barulah komputer bisa dijemput kembali setelah diperbaiki, lalu memasangnya kembali seperti semula. Wah..sangat merepotkan sekali ya?...

- Ketika komputer kita sedang diperbaiki dan ditinggalkan ditempat service, ada keraguan dihati apakah alat kita ditukar?  (walaupun sebenarnya tidak), apakah data saya aman?

- Namun ketika komputer yang anda pakai anda perbaiki sendiri, paling juga makan waktu 2 jam selesai.

" Perbaikilah Komputer anda sendiri..."


3.    PELUANG KERJA DAN USAHA

- Hampir disetiap rumah ada komputer, tidak ada kantor yang tidak punya komputer..jadi ini jelas peluang kerja yang sangat bagus. Dari pada anda disibukkan membuat lamaran kerja, lebih baik anda membaca dan memahami tutorial "Mudahnya menjadi Tekhnisi Komputer.."
Ini zaman komputer, bukan zaman batu.

ASPEK UTAMA yang wajib kita perhatikan sebelum merakit PC ( personal Komputer )

•    1. Untuk tujuan apakah komputer tersebut kita rakit?
•    2. Kualitas seperti apa yang saya inginkan ?
•    3. Seberapa tebal kantong anda ?

SPECIFIKASI KOMPUTER

Sangatlah penting memahami spec computer yang akan kita beli, kalau kita tidak mengerti sama saja dengan membeli kucing dalam karung.

1.    KOMPUTER OFFICE/WARNET
Spec :
Prosesor            :  Intel Dual Core
Memori                 :  DDR 1 GHz
VGA dan sound card        :  Onboard
Harddisk            :  250 GB
Monitor LCD            :  18”

2.  KOMPUTER DESIGN GRAFIS DAN VIDEO EDITING
Spec :
Prosesor            :  Intel Core 2 Duo
Memori                 :  DDR 2 GHz
Sound Card             :  Onboard
VGA Card             :   512 mb
Harddisk            :  1 TB
Monitor LCD            :  20 inch

3. KOMPUTER GAME
Spec :
Prosesor            :  Intel Core i5
Memori                 :  DDR 4 GHz
Sound Card             :  Onboard
VGA Card             :  1 GB 3D
Harddisk            :  500 GB
Monitor LCD            :  20 inch
Sistem Pendingin yang baik

Jadi kesimpulannya, jangan beli Komputer Game, kalau pemanfaatannya hanya untuk pekrjaan office. Belilah komputer sesuai dengan untuk apa komputer tersebut dipakai nantinya.


DEFENISI KOMPUTER


Komputer berasal dari bahasa Inggris , computer dengan kata dasar to compute yang artinya menghitung. Jadi secara harafiah computer berarti mesin hitung.Tetapi dalam perkembangan
selanjutnya, banyak fungsi yang dapat dilakukan oleh mesin kecil ini dan kita dapat menyusun perintah-perintah kepada komputer atau yang kita sebut sebagai program aplikasi.
1. Perangkat Keras (Hardware)
Terdiri dari Keyboard, Monitor, Central Processor Unit (CPU), Speaker Mouse, dan Printer
2. Perangkat Lunak (Software)
Terdiri dari Windows XP/7, Ms Office, Games, dll
3. Brainware
Manusia : Pembuat dan Pemakai

SEJARAH KOMPUTER
-    th 1822 : Charles Babbage
seorang ahli matematika bangsa Inggris yaitu Charles Babbage menciptakan suatu mesin hitung yang disebut difference engine. Mesin tersebut dipakai untuk menghitung tabel-tabel matematik.




-    th 1833 : Charles Babbage
Charles Babbage mengembangkan lagi difference engine dengan konsep yang lebih mendalam dan umum. Mesin yang baru ini dinamakan analytical engine. Mesin ini dapat melaksanakan kalkulasi apa saja, sehingga mesin inilah yang untuk pertama kali dikenal sebagai general purpose digital komputer.
Charles Babbage dianggap sebagai bapak komputer modern


-    th1937, Prof. Howard Aikem

seorang ahli matematika dari Universitas Harvard mulai merancang pembuatan sebuah komputer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis. Komputer tersebut mulanya secara mekanik elektronik. Kemudian dengan bantuan perusahaan IBM, pada tahun 1944, komputer tersebut terselesaikan secara elektronik.
Komputer yang baru diberi nama -Harvad Mark I Automatic Controlled Calculator (ASCC). Komputer inilah yang merupakan suatu realisasi dari apa yang diimpikan oleh Charles Babbage.




1 comment:

  1. Aslm. Apakah bapak membuka kursus untuk menjadi teknisi komputer pak?

    ReplyDelete