Wednesday, February 4, 2015

PRAMUKA SMK N 2 DUMAI #1

YEL-YEL  PRAMUKA SMK N 2 DUMAI

Pada Suatu Hari, Saya Bersama Teman dan Senior – Senior SSK, Meliput Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMK N 2 DUMAI Yaitu PRAMUKA.
Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka diSMKN 2 Dumai dlaksanakan setiap hari  sabtu. Kegiatan pramuka ini diikuti oleh 21 pelajar SMKN 2 Dumai, dengan pembinanya Gatot Suprianto yakni yang sehari-harinya beliau sebagai guru bengkel audio video. Dan juga disetiap kegiatan pramuka ini dibimbing oleh kakak senior Dinaldo Rahmat.
Dimulai Dari Kegiatan Belajar Teori Kepramukaan, Disini Dilakukan YEL – YEL Kepramukaan Yang Biasa Disebut Tepuk Pramuka.

TEPUK PRAMUKA
Tepuk Pramuka merupakan kegiatan yang sudah sangat identik dengan kepramukaan. Kegiatan yang tampaknya hanya bermain-main ini,  ternyata berdasar penilitian para ahli  dinyatakan bahwa tepuk tangan bermanfaat   mengembangkan dan meningkatkan kebutuhan emosional, fisiologis, sosiologis dan kognitif anak dan remaja  sebagai bekal untuk menuju  ke tahap pertumbuhan berikutnya.
Pada sesi ini  Tepuk Pramuka Yang Satu Ini Adalah Tepuk Pramuka Kreasi, Maksudnya Tepuk Pramuka Yang Dibuat – Buat / Hasil Kreasi Anak Pramuka Sendiri. Tepuk pramuka pada kali ini mereka melakukannya didalam kelas. Menjelang mereka melakukan latihan-latihan lainnya ditempat terbuka.

YEL PRAMUKA
 
Yel Pramuka adalah Pekikan atau sorakan-sorakan yang dibuat seunik mungkin sehinga mampu membangkitkan semangat juang atau pun kreatifitas pelaku ataupun penonton.

Dan Dilanjutkan Di Luar, YEL –YEL yang Dilakukan Waktu Itu Adalah YEL Untuk Duduk, YEL nya Seperti Ini :
“Tik Tik Tik... “
“Bunyi Hujan Di Atas Genteng”
“Air Nya Turun... Naik Lagi”
“Turun Lagi... Naik Lagi”
“Airnya Turun Gak Naik Naik”
Kegiatan Di Luar Ini Dilakukan Oleh 2 Kelompok, Mereka Bisa Dibilang Ingin Beradu YEL Satu Sama Lain. Tujuannya Ialah Untuk Melatih Kekompakan Sesama Kelompok, Menjaga Persatuan Satu Sama Lain, Dan Dapat Meningkatkan Persahabatan Secara Tidak Langsung.
Oh Ya Saya Lanjutkan Lagi ya, YEL Yang Dilakukan Berikutnya Adalah YEL Untuk Menghibur, Seperti Yang Saya Bilang Tadi, Mereka Sedang Beradu YEL Satu Sama Lain, Yah Langsung Saja Inilah Dia YEL nya :
“King Kong Badan Nya Besar Tapi Kakinya Pendek”   
“Ada Juga Binatang Bebek Lehernya Panjang Bunyinya Queck Queck”                                                                                         
Note: YEL tersebut dilakukan 3 kali berulang, semakin diulang semakin cepat.
Wah, YEL yang Sangat Berkreasi ya, YEL Tadi Itu Dibawakan Oleh Kelompok 1, Saya Beri A+ deh Buat Mereka 
Selanjutnya Dari Kelompok Dua Untuk Membalas YEL nya, YEL berikut Ini Adalah YEL Yang Cukup Menyindir, Mau Tahu? Ini Dia
“Tembak... Dor!”
“Kenak Hahahaha”
“Ting Tong.... Ngok Ngok..”
“Hey Masbuloh”
“Emang Masalah Buat Loh”


Yah, Kita Skip Aja Adu YEL nya Ini Karena Masih Banyak YEL yang diadukan Jadi Kita Lewatkan Saja.
Selanjutnya Ialah Lagu. Lagu Yang Akan Dibawakan Sekarang Ini Adalah Lagu Hymne Pramuka.
Lagu Hymne Pramuka
Hymne Pramuka Memiliki Arti semangat (spirit) bahwa Pramuka Indonesia mempunyai tekad yang kuat untuk selalu ikut berperan serta dan mendarmabaktikan dirinya bagi kejayaan bangsa dan negara bahkan dunia Internasional.
Bagi Anak Pramuka Harus Tahu Lagu Ini dan Bagi Yang Belum Tahu Ini Saya Kasih Deh Lirik Lagunya :
“Kami Pramuka Indonesia“
“Manusia Pancasila“
“Satyaku  Kudharmakan, Dharmaku  Kubaktikan”
“Agar Jaya  Indonesia, Indonesia”
 “Tanah Airku “
“Kami Jadi Pandumu“
Kegiatan Selanjutnya Adalah Senam Pramuka Kreasi Club Penguin,
Senam Pramuka
Senam Pramuka Merupakan Bagian Dari Kegiatan Pramuka Di Samping Kegiatan Menyimpul Tali – Temali, Menyanyi, Yel – Yel Dan Penjelajahan.
Senam Penguin
 Senam pinguin ini diciptakan oleh Bapak Benyamin Agus Candra Winata (Fasilitator PAUD UNICEF Jawa Tengah), yang dirancang sesuai dengan kebutuhan anak.
Bagi Adik2 Atau Kakak2 Yang Dari Pramuka Pasti Sangat Tahu Tentang Senam Ini, Karena Senam Ini Banyak Sekali Yang Suka, Bukan Hanya Gerakannya Yang Lucu, Tapi Membuat Kita Semua Tertawa Riang, (Hahaha).
Kalau Untuk Lirik Lagunya Saya Tidak Bisa Hafal Karena Berupa Sebuah Lirik Yang Sulit Saya Ingat Jadi Saya Akan Memberikan Judul Lagunya Saja. Judul Lagunya Ialah” Levan Polkka “.
Dan Yang Terakhir Adalah Arahan Dari Kakak Senior Penegak. Senior Mengarahkan Kepada Adik – Adik Agar Dapat Mengembangkan Ilmu Kepramukaan Baik di Sekolah Maupun Di Luar Sekolah Dengan Catatan Jangan Membawa Nama Buruk Bagi Pramuka.
Yah Itulah Sekian Dari Penjelasan Saya, Jika Ada Yang Kurang Paham Dapat Ditanyakan dan Sebagai Penutup Saya Mengucapkan Terima Kasih.
Wassalam
Rv

Saksikan Videonya...Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka SMKN 2 Dumai

PALANG MERAH REMAJA (PMR) WIRA SMK.N 2 DUMAI

0 komentar:

Post a Comment