Tuesday, February 3, 2015

Ceritaku semasa SMA 2 Dulu, #1


Eps.1. TIDAK SEPERTI BIASANYA…

Ini cerita ketika masih SMA dulu. Semua kita tahu masa-masa terbaik dalam hidup kita  adalah masa-masa remaja. Ya..akui sajalah walaupun ada diantara kita waktu SMA dulu ga pernah pacaran, ga kenal yang nama apel  malam mingguan, tapi setidak-tidaknya pada masa remaja itulah kita mulai benar-benar mengenal apa arti cinta ya ga…….Ha..tapi kali ini saya bukan mau cerita cinta, pada episode lain saja.

Kembali menerawang 25 tahun silam (pasti pada menghitung tahun berapa tu ya..?)…Bagi seorang pelajar SMA pada saat itu memiki sebuah sepeda motor butut adalah sesuatu yang sangat membanggakan sekali, seakan seperti memiliki honda Jazz sekarang, itu dulu. Ya emang begitu…kalau dia cowok punya sepeda motor pada saat itu, alamak ceweknya gonta ganti terus. Hingga muncul bahasa kalo lo mau kejar cewek tu pakai pelet jepang..jangan pelet kuno ga laku..he..he…. Bukan iri ya…emang saat itu aku ga punya motor kesekolah tapi aku emang bahagia buanget jadi bagian dari hidup kalian semua pada saat itu. Tapi emang benar..dapet minjam motor kawan aja, senang ja gimana gitu…

Terus kalau yang punya motor pelajar cewek, setiap hari kesekolah pake motor, mak sombongnya selangit..macamlah dia cewek paling cantik disekolah tu..itu dulu…jangan marah. Ya kebetulan yang pake motor kesekolah dulu emang cantik-cantik kok…

Jadi pada suatu hari, nah ini dia cerita sebenarnya…ada seorang cewek ya ga usah disebut namanyalah, ntar lakinya marah pulak lagi…kita bilang aja dia Y. Y adalah seorang pelajar cewek yang bertubuh sedang, berambut kadang panjang kadang sebahu, agak pendiam tidak terlalu banyak cerita. Dan ga banyak musuh. Kesekolah juga ga pernah bawa motor sama seperti aku dan kamu juga. Pada hari itu rabu katakanlah begitu, entah gimana awalnya tiba-tiba kami sudah melangkah bersama didepan sekolah menuju halte tempat pemberhentian angkutan kota yang saat itu dinamakan oplet. Sekarang juga namanya oplet…kan…?. Biasalah pada saat itu kan aku tu orangnya mudah  cerita ama cewek manapun yang udah teman maksudnya, bisa langsung connet. Didepan halte cerita-cerita sambil nunggu angkot ..

Iwang    :    “ Y…besok pinjamnya buku matematikanya…”
Y           :    “alah..bilang ajalah mau nyontek…pakai bilang pinjam aja”
Iwang    :    “Ga..lah…masak matematika aja aku nyontek…malulah…kamu kan tau anak emasnya ibu refrida  ( guru matemarika yang galak) itu , siapa….”
Y    :    “Siapa…?”
Iwang    :    “Ga tau…jangan bilang aku…jadi malu..he..he.. bisa ga…pinjam besok…?
Y    :    “dah..dah aku naik oplet inilah…aku duluan y…” bersiap-siap menuju oplet
Iwang    :    “Eh..eh samalah…nanti kalau kamu digangu orang gimana..?”
Y    :    “siapa yang ganggu…oplet tu aja kosong tak ada penumpang..”
Iwang    :    “Nah justru itu…”

Kami berdua pun bergegas naik  oplet tersebut.
Ketika oplet hampir bergerak seseorang berlari dan berseru “woi..oi…woi,tunggu-tunggu…” terengah-engah naiklah seorang pria yang cukup kami kenal kedalam oplet tersebut. Pria ini datang sekolah selalu terlambat pulang pun lambat. Tapi dia baik, namanya tengku Darmawan yang akrab dipanggil Tengku..he.he…         ” eh iwang..eh Y…Cuma berdua…yang laen mana..?”

Iwang    :    “Tu depan (menunjuk bang sopir oplet)..dulu abang tu sekolah sma 2 tu..ya kan bang,…?” (abang depan tak dengar do)
Y    :    “dah bang jalanlah lagi..bang..dah lapar nih..bang..”(terdengar suara mesin oplet mulai menderu)
Bang Oplet    :    “Ada lagi ga temannya…yang ditunggu…?”
Iwang        :    “Tak ada bang..inilah yang terkhir bang ..ha..ha….”
Beritiga mereka dalam oplet tersebut cerita ketaawa ketiwi begitulah masa remaja semua suka. Semua tertawa ria tanpa perduli hari esok.

tengku    :    “Y …masih rumah lama…?” (tengku  neyeletuk cuek)
Y    :    (bekerut)…emang tengku tau rumah aku dimana..?”
Tengku    :    “belom…tapi masih tinggal situkan…?”
Y    :    “bang..simpang hangtuah ya..bang…”(kepada bang oplet)
Tengku    :    “ooo hangtuah,,,kalau itu aku tau sebelah rumah tetangganya kan…ha..ha..”
Iwang    :    “iyo..iyo..ha…ha…depan rumahnya ado sumur…ha…ha…”
Y    :    “(berkerut lagi)…ada sumur…?”
Ketika oplet berhenti Y termenung sejenak “ astagafirullah…motor aku…?”
Iwang dan tengku :    “Motornya kenapa…?”………????????????
Y    :    “motor aku tinggal, tadi aku bawa motor kesekolah…motor kakak ku…”
Iwang dan Tengku    :    “ha…ha….ha….kah..kah.kkkah….”( tepingkal sampai sakit perut)…
------------------------------------
Keesokan harinya suasana istirahat sekolah kelas. Iwang dan tengku berlari keluar kelas tak tahan menahan tawa, dan tak mau kawan tersinggung dan tersakiti. Kami tertawa terpingkal-pingkal diluar kelas. Tapi Y keluar karena mengedengar tawa kami .
Y    :    “pastikan lagi ketawakan aku kan….?”
Iwang    :    “tidak…tidak..jadi macam mana motornya semalam?…ha..aha..kah…sori..sori..”
Y    :    “eee…kami jemput dah “ ….dan berlalu

Itulah indahnya masa remaja..asyikkan…?. Jadi kalau kita melakukan sesuatu yang tidak seperti biasanya, cobalah untuk mengingat-ingat lagi mana tau ada yang telupakan.

Wassalam
Iwang…



0 komentar:

Post a Comment