Sunday, February 1, 2015

KAU BILANG AKU LAKI-LAKI PENDUSTA - eps 3


KAU BILANG AKU LAKI-LAKI PENDUSTA
Cerita Pendek Sekali : Karya Iwang

Episode 3 : Tertipu Lagi

Bermula disuatu perusahaan yang bernama SSK yang mana saya disini sebagai Direkturnya. SSK adalah tempat berbagai kegiatan kreatif yang berhubungan dengan multimedia dan juga kebetulan basic saya  juga seorang tekhnisi komputer, jadi juga mendidik adik-adik jadi mandiri dalam bidang tekhnisi komputer.

Hari ini pagi jum’at, 02 januari 2015, saya lagi asyik membuat tulisan diblog, maklum dapat mainan baru diinternet yaitu ngeblog dibloger.com. saat itu lagi nulis artikel yang judulnya ”Mudahnya menjadi tekhnisi komputer”. Nah itulah tulisan yang sedang kugarap pada pagi jum’at ini. 15 Menit didepan komputer, tulisan hampir selesai…HP mito ku bergetar ga sabaran..tertera nama seseorang disitu…yach teman lama lah..ga usah disebutkan namanya ga enak…ama pembaca.

Iwang        : “Assalamu ‘alaikum…halo…”
Teman Lama    :” Ha..alaikumsalam wang…”
Iwang        :”Apo cito man…?( cito (bhs melayu) = cerita, man maksudnya teman )
Teman Lama    :”Ini wang aaa…ado yang mau beli harddisk laptop tak…sizenyo 320 Gb..mau dijual 250 ribu…harddisk bekas”

Iwang  :  (dalam hati: wah murah…susah lagi nyarinya…yang baru aja mau 600 ribuan…) 200 ribu lah.....kebetulan aku butuh man , laptop aku ada yang jebol harddisknya…

Teman Lama    :    “aaa….biar aku Tanya kawan aku dulu ye..sebab aku nolong kawan tu ajo..bukan punyo aku…”

Iwang        :  Okelah…(diujung sana menutup telponnya)

Kemudian saya meletakkan HP dan berpikir sejenak, yang aku tau Teman Lama ni pemakai narkoba kelas gawat, itu dulu..sekarang ya ga tau…. Mulai rasa was-was muncul jangan-jangan… Aduh ga maulah beli barang yang ga jelas asal usulnya. Gimana ya…was-was…

Sejenak kemudian HP bergetar memaksa diangkat lagi…ternyata teman lama tadi yang menelpon.

Iwang        :    “ Halo…”
Teman Lama    :    “ Wang …diantar kemana wang…”
Iwang        :    “SSK man, jalan tenaga man, taukan?”
Teman    Lama    :    “O situ aku datang ye…?’
Iwang         :    “Oke…”

Lalu saya melanjutkan tulisan yang hampir siap tadi. Tanggung jadi kuselesaikan saja tulisan tentang “mudahnya menjadi tekhnisi komputer”. Tulisanpun siap dan sudah dipublikasikan diberbagai media sosial. Kemudian datanglah dua orang yang satu teman lama dan yang satunya mungkin kawannya yang punya harddisk.

Iwang        :    “duduklah..(sambil menyalami tamu)…mana harddisknya…?”
Kawannya    :    “ini bang…?(sambil menyerahkan harddisk)….”
Iwang        :    “Det..dedet(memanggil seseorang yang dibelakang)

Lalu muncullah pria berbadan gelap dan besar berperawakan seperti bodyguard. Sedikit terkejut juga Teman Lama dan Kawannya melihat Dedet yang datang.

Iwang        :    “ini harddisk..coba install dilaptop ku yang rusak harddisknya tu ya…”
Dedet        :    “yang ijau tu kan pak..?”
Iwang        :    “Iya…”
Dedet menuju kebelakang mulai menginstall harddisk tersebut dikomputer laptopku.

Iwang        :    “hmmm…jadi man ..nunggulah ya..biar aku tes dulu harddisknya, takutnya harddisknya rusak…susah pulak urusannya nanti..”

Teman Lama    :    “Tak usah ragu…bagus tu…..”
Iwang        :    “iyo…biarlah aku tes kejab…(cakap melayu)…”

Teman lama dan kawannya hanya diam.

Iwang        :    “maaf ye…mintak ma’aaf betol..miko jangan tesinggong ye..aku nak tanyo jangan marah ye…harddisk ni ngapo dijual…?”

Teman Lama    :    “aku cuma bantu kawan ni..perlu duit betol kawan ni…”

Karena masih ragu juga akhirnya saya nanya lagi…”Ma’af ye…sekali lagi ma’af harddisk ni  bukan barang panaskan?”

Teman Lama    :     (buru-buru menjawab) ah tidaklah…ini dijual karena perlu duit betol…

Iwang        :    “Syukurlah kalau begitu..”

Akhirnya 20 menit kemudian saya bertanya kepada dedet tadi : “Udah det..gimana hasilnya..?”
Dedet :    “Ini pak..lagi install win 7 hampir siap…”

Iwang  : ( dalam hati : Kayaknya bagus ni harddisknya)…man…aku ambek duet dulu keATM ye…(maklum sambil ngulur waktu dedet sampai selesai memastikan kondisi harddisknya)

SEPULANG DARI ATM

Iwang    :” Gimana Det..Bagus?”
Dedet    :” Tak ada masalah pak…”
Iwang    :”Oke man…nih uangnya 200 ribu ya…(sambil menyerahkan uang)   

Mereka berdua pun berlalu pergi. Saya pun duduk lagi depan komputer, maklum lagi keasyikan ngeblok, ternyata enak juga nulis tentang apa saja karena banyak yang baca.

Waktupun berlalu. AdZan jum’at berkumandang, sebagai muslim yang baik sholat janganlah ditinggalkan. Kebetulan masjid sangat dekat dengan kantor hanya berjalan kaki saja sampailah diMasjid.

Sepulang dari Sholat Jum’at.Pulang Kerumah, istirahat makan siang bercanda dengan anak isteri, maklum keluarga bahagia. Kemudian jam 3 masuk kerja lagi.

SUASANA KANTOR

Dedet    :    “Pak..harddiknya rusak…pak..”
Iwang    :    “Kok bisa…?tadikan bagus…”
Dedet    :    “harddisknya kalau dah panas matipak..komputernya restar, kemudian harddisknya ga kedetect pak…”

Iwang    :    “gitu ya…coba pasang kelaptop yang laen..ya..”
Dedet    :    “udah pak…hasilnya sama pak…kalau bapak mau liat silahkan pak…”
Iwang    :    “Oke..”

Beranjak kearah laptop dan berkutat lebih kuang 20 menit didepan laptop akhirnya kesimpulannya harddisk ini kalau panas berhenti bekerja, komputer langsung restar, harddisknya ga kedetck. Matikan komputernya, trus idupkan lagi baru deteck lagi begitu seterusnya. Jadi kesimpulannya harddisk ini rusak. Akhirnya kutelpon lagi teman lama dengan berbagai alasan dia akan kembalikan uangku.

Itu cerita beberapa hari yang lalu, sampai hari ini uangku belum kembali lagi. Ada juga hikmahnya dibalik semua ini  : ‘ Seorang tekhnisi komputer ternyata bisa juga dikibulin oleh orang yang bukan ahli dalam bidang komputer…dan yang paling penting jauhkan keluarga anda dari NARKOBA’.

Salam.

Episode 1 : Cerita Kawan Lama
Episode 2 : KAU BILANG AKU LAKI-LAKI PENDUSTA
Episode 3 : Tertipu Lagi
Episode 4 : Penyakit Dusta Kambuh lagi

1 comment: