Wednesday, February 4, 2015

KAU BILANG AKU LAKI-LAKI PENDUSTA #4

KAU BILANG AKU LAKI-LAKI PENDUSTA #4
Cerita Pendek Sekali : Karya Iwang

Eps 4 : Penyakit Dusta Kambuh lagi


Alkisah  disebuah stasiun TV swasta Dumai-antah berantah. Yang mana saya juga bekerja disana sebagai Manager Proram Televisi tersebut. Dengan berbekal Tekhnisi Komputer dan berbagai pengalaman lainnya bolehlah dikatakan saya sukses menjalankan program ditelevisi tersebut. Ya untuk ukuran televisi lokal bisa dikatakan kami udah jadi yang terbaik dimata masyarakat. Dalam mejalankan program televisi lokal dikota Dumai, permasalah yang paling utama adalah SDM yang minim sekali. Kami  menerima karyawan yang rata-rata tidak mengenal dunia pertelevisian, jurnalis , program televisi , apalagi reporter dan presenter, jadi hampir semua karyawan yang masuk dididik lagi dari awal hingga mereka bisa, ya mau diapakan lagi, karena sangat dibutuhkan ya kita ajar dari awal semapunya.
Alhasil 3 Bulan kemudian Program Televisi mulai menunjukkan arah perkembangan yang baik, rating pemirsa semakin meningkat tajam, dibuktikan dengan semakin banyaknya iklan yang masuk dan order liputan even ceremonial yang minta disiarkan ditelevisi.
Sampai suatu hari saya dipanggil oleh owner diruangan kantornya untuk berdiskusi. Masalah mulai muncul.
Owner        :”Bang…(makusdnya bang Iwang), semalam aku jumpa orang hotel SK , cerita-cerita trus dia nanya iklannya kok ga naik-naik padahal udah bayar  satu bulan yang lalu…jadi gimana bang..?”
Iwang        : “Bos udah cek diDevia (bagian keuangan)..apa benar iklan itu ada masuk kekita…”
Owner        :”Belom bang, nanti abang aja yang check,, tapi ini ada surat kontraknya dari kita bang…kontrak iklannya 6 bulan, udah dibayar dua bulan..dari pihak kita yang atas nama BOLU ITAM , bang…”
Iwang        :”OW Bolu Itam…(dalam hati abis dah duit nya nih, penyakit lama kambuh lagi nih)”
Saya termenung mengingat  yang sudah berapa kali akhir-akhir konsumen kita yang datang marah-marah kekantor karena video acaranya yang ga naik-naik. Terus ketika kita Tanya sama siapa kemaren urusannya dan bayarnya sama siapa. Mereka Bilang sama Bolu. Ketika saya tanya bagian administrasi “ tak ada jadwal yang masuk atas nama bapak tadi…”
Owner        :”Bang…ini sudah keterlaluan sekali bang..saya malu dengan pihak Hotel tu..uang iklan sudah bayar 2 bulan, tapi shoting  pun belum lagi…jadi bang..siBolu ni suruh ganti uangnya, terus diberhentikan aja bang, tak guna karyawan seperti ini bang, ini yang kita tau bang, belum yang lain lagi…”
Kembali saya teringat, kalau tak salah siBolu Itam ni akan segera melaksanakan pesta pernikahannya sekitar satu bulan lagi. Kalau diberhentikan kesian juga.
Owner        :”bang..macam mana..?”
Iwang        :”begini bos, ni usul bos, uangnya kita suruh ganti setor ke Devia, trus iklannya kita suruh dia kerjakan sampai siap, masalah ini biar saya selesaikan bos…”

Owner        :”Ok..aku terserah abang ajalah, kalau abang masih mau pakai, sliahkan, kalau saya bang…abis ni bang…”
Iwang        :”Ok bos, biar saya selesaikan…sambil bergerak beranjak dari ruangan bos…”

Saya melangkah menuju ruangan Manager Umum yang kebetulan memang satu ruangan dengan Manajer Program. Akhirnya saya duduk didepan komputer tak tau mau buat apa, pikiran terus melayang kepersoalan tadi. Seseorang masuk ruangan yang ternyata Manager Umum langsung duduk terhenyak dikursinya sambil mengeluh “Huh..kosong hari ini semuo yang  dicari  keluar kota semuo…”

Iwang        :    “Dari mano Tan?...”
Atan        :    “Dari kantor dinas-dinas ni, semua kadisnya tak ada, yang kemalaysialah, yang kejakartalah…”
Iwang        :    “Suruh aja pindah orang tu keJakarta, berkantor aja dijakarta tak usah diDumai..angkat semua isi kantornya kejakarta ha…ha..( kami pun tertawa…saya hanya mengulang bahasa seorang tokoh masyarakat yang marah tidak dapat menemui kadis).
Iwang         :    “Tan…ni ado masalah ni..serius siket ni…budak sibolu tu kambuh lagi penyakit lamonyo..asyik nak mengentam duet kantor ajo..”
Atan        :    “Ha..apo lagi dibuatnyo..tak berubah-rubah…”
Iwang        :    “Pegilah dikau jumpo bos ado dikantornyo tu…ado sekarang tu..kalau ikot dio, hari ni jugo nak diberhentikannyo budak tu, tapi duit ganti dulu…”
Atan        :    “aaa..tak gitu do…biolah aku makan dulu..baru aku jumpo bos..ye…”
Iwang        :    “aik belom makan lagi…? jam 3 petang dah belom makan lagi…?..tak sayang badan nampaknyo kawan ni…”
Atan tak perduli langsung membuka nasi bungkus yang memang udah dari tadi diletaknya diatas meja.
Iwang        :    “kalu gitu aku baleklah dulu ye tak…”
Atan        :    “ai…baru jam 3 dah nak balek…(sambil makan memandang)
Iwang        :    “Ha..iyolah…Tan..oghang tuo kito dulu..pegi pagi balek petang tak kayo-kayo….tu orang tuo kito dulu, kito sekarang pegi gelap balek gelap tak kayo jugo..ha.ha.haa..aku balek ye..(meninggalkan Atan yang sedang makan dan menahan ketawa)
-----------

Suasana Malam diCafe Ombak, tampak tiga orang pria yang sedang berbincang serius dan yang seorang marah-marah berdiri sambil duduk dan menunjuk-nunjuk keatas seperti lagi acting drama. Ternyata mereka adalah Atan, bolu itam dan iwang.
Iwang        :    “Kan aku dah cakap, berapo kali aku cakap dah, jangan kelaku lamo ni jugo dikau buat lagi, tak berubah-rubah, dah nak nikahpun masih cam ni jugo…kalau ayam dah lamo aku panggang dikau ni dah…”
Bolu itam menundukkan kepala dan wajah diam sejuta bahasa seolah merasa bersalah.
Atan        :    “Aku dah cakap dengan bos dah semalam, jadi masalah ni tergantung kami ajo menyelesaikannyo….cumo kalau dikau kalau memang masih  mau kejo senang caronyo..pegi besok pagi jumpo bos mintak maaf dan janji  tak buat lagi, dah tu duetnyo usahakan ganti secepatnyo.., itulah caronyo kalau dikau masih mau kejo…kalau tidak terserahlah…”
Bolu itam    :    (masih tertunduk seolah bersalah) “Iyo pak…bolu silap pak…bolu mintak maap pak…bolu masih mau kejo pak…”
Atan        :    “aaa…macam tadi tulah caronyo…pagi besok bio aku jumpo bos dulu..aku terangkan samo  dio..dah tu jam 10 pagi dikau pulak lagi datang jumpo dio y…selesai..kecik masalahnyo…”
Bolu itam    :    “iyo pak..terimo kasih pak…”
Iwang        :    (yang dari tadi geram emosi belum turun)..”dikau ni maen kaso betol..duet orang tu diambeknyo…dah ambek duet orang tu dio buat tak tau lagi..tentu orang datang nanyo kekantor...???? macam mano dikau ni…atau merampok bank ajo lah tak usah kejo lagi…senang.. sekali rampok kayo langsung…ha..niii…duet siket.. nak ganti macam mano..??? (memandang ke bolu yang tetap menunduk)…..oiii..angkat kepalo tu..usah mandang kebawah teros…ado lipan dekat lantai tu…? Muak betol aku nengok budak ni…”
Atan        :    “dah lah wang dio kan sado dah…?”
Iwang        :    “sado….????? Ahhhhhhhhhhhhh….taik palat…kalaupun iyooo…paleng tidak…, satu juta duo ratus..tu…(sambil menampilkan salam dua jari) satu jutanyo  setorlah kekantor…duo ratus entah duet apolah…embatlah suko ati dikau….ini…taiknyo pun tak ado bekas lagi..melewat-lewat betollah dikau ni…”
----------------------------------------


Suasana ruangan kantor jam 3 sore.
Iwang        :”ha..jadi macam mano Tan…buldak bolu tu…”
Atan        :”dah selesaidah tinggal dio cari duet lagi untuk menggantinyo…”
Iwang        :”oww yo lah…pandai-pandailah nak idop…”
Sejenak kemudian kami pun sibuk dengan kesibukan masing-masing, rasanya lepas satu beban yang menghimpit. Baru saja mau melanjutkan konsep program tv yang tertunda terdengar suara ketukan dipintu “assalamu ‘alaikum pak….izin pak boleh masuk pak…” muncul kepala bolu itam diselah pintu yang sedikit terbuka.
Iwang        :”Ha..alaikum salam…masuklah..masuk…duduk situ…apo hal lagi..?”(dengan ketus)
Bolu Itam    :”Begini pak…bos suruh ganti duet tu hari ini pak…kemano bolu nak cari pak…ni nak minta bantu dengan bapak beduo pak, bantu bolu cari solusinyo pak…”
Iwang        :”Ooo sooolusiiiiiii…pandai dikau cakap ye…aaa…ni solusinyo dikau nak dengo…dekat lapangan bola penamo tu…dikau tau kan lapangan bola penamo tukan kan sebelahnyo ado sumur besar…dalam sumur tuuu..dikau pegi dekat situ..dikau ikat kaki dikau dengan batu besar…ha…dikau lompatlah…senang kan..?”
Bolu Itam    :”usahlah macam tu pak…bolu belum nikah lagi…tolonglah pak…”
Iwang        :”aku tak nak tolong…entah kalau bapak manager umum nak tolong…kalau aku dak do…ooooo tidaaak…”

Atan        :”aaa…ado caronyo…tapi dikau mau bayar tak, kalau duet tu dianggap utang…”
Bolu Itam    :”bolu janji pak…akan bolu bayar secepatnyo pak…”
Atan        :”kitokan baru membentuk usaha bersama tu…walaupun baru mulai ado duet kasnyo tu…kito ado 5 orang tambah dikau baru gabung 1 bulan lewat..6 oranglah dengan dikau. Keanggotaan dikau ni baru lagi ni, tapi tak apolah boleh pinjam duit situ..kan tak banyak do satu juta duo ratus ribu…a dikau pakailah tu..”
Iwang        :”aaa..aku abstain..setuju tidak…tak setujupun tidak..terserah…kalau kawan laen setuju..ya silahkan…tapi dikau ingat bolu kalau dikau khianat dengan kami….nasib dikau samo itamnyo dengan kulit dikau ni…dikau ingat tu y…?”
Nah..singkat cerita akhirnya hutangpun dibayar dengan uang kas bersama kawan-kawan tadi. Selamatlah budak bolu itam ni tadi. Tak jadi diberhentikan karena Atan dan Iwang bersedia menjamin kepada owner bahwasanya ini tidak akan terulang lagi.
Satu Bulan kemudian kamipun beramai-ramai datang keacara pesta nikah bolu itam. Dua minggu setelah nikah,  Iwang dan Atanpun tak ditegurnya lagi. Entah apa salah kami.  Entah tanah dia yang mana kami caplok. Kami pun tak tau. Sampai akhirnya 2 bulan kemudian dia pamit dengan saya untuk berhenti kerja, karena ada yang lain. Tapi sayangnya dia takmau pamit dengan Manager Umun tadi. Salampun tak mau. Mengapa?
Jika anda mau mengundurkan diri dari perusahaan anda, salamilah semua yang ada dan pernah sekantor dengan anda. Walaupun anda sangat membencinya. Karena itu hanya urusan pekerjaan. Janganlah memutuskan tali silaturahmi. Sampai hari ini uang satu juta dua ratus tak pernah dibicarakan lagi. Seolah tidak pernah punya utang. Mengapa ada manusia macam ini, paling tidak basa basilah dengan say hello friend..belum bisa bayar lagi…ini pelajaran untuk kita semua penyakit dusta dipelihara alamat badan susah selamanya….

Wassalam
Iwang.




Episode 1 : Cerita Kawan Lama
Episode 2 : KAU BILANG AKU LAKI-LAKI PENDUSTA
Episode 3 : Tertipu Lagi
Episode 4 : Penyakit Dusta Kambuh lagi



0 komentar:

Post a Comment